Kamu Wajib Tahu

Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecaptaucobakpau, dan bakso. Nama “tahu” merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) yang secara harfiah berarti “kedelai terfermentasi”. Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han GaozuLiu Bang yang mendirikan dinasti Han.

Versi tahu yang dikenal di Jepang adalah tahu sutra . Tahu sutra lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan lebih lanjut, sehingga biasanya dikonsumsi mentah. Tahu secara umum dibawa para perantau Cina ke seluruh penjuru dunia sehingga menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia.

Di Indonesia Tahu adalah kuliner tertua yang diperkenalkan orang Tionghoa di Nusantara. Ia menjadi penyelamat masyarakat Jawa di masa krisis asupan gizi.Kini Tahu telah mengalami indigenisasi di Indonesia sehingga muncul berbagai varian tahu serta panganan berbahan tahu. Tampilan luar tahu ada yang berwarna putih maupun kuning. Karena populernya, tahu menjadi bagian tak terpisahkan yang ditemui di tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe.

Di Kediri tahu kuning menjadi makanan khas. Tahu ini dikenal sebagai tahu takwa. Tempat lain yang juga terasosiasi dengan tahu adalah Sumedang (tahu Sumedang).Tahu masih terkait dengan kembang tahu dan tauhue (juga disebut sebagai “kembang tahu”) menurut cara pembuatannya.Aneka makanan yang melibatkan tahu antara lain tahu bacemtahu baksotahu campurtahu gulingtahu isi (tahu bunting), perkedel tahu, dan kerupuk tahu, tahu pedes, tahu krispitahu petis dan tahu gimbal. Tahu goreng biasanya dihidangkan untuk menemani makanan berkuah cair, seperti mi bakso dan soto; atau batagorSiomay, salah satu bentuk dimsum, juga menggunakan tahu kukus sebagai komponennya.

 

Kandungan Gizi Nutrisi Manfaat Tahu

Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal di masyarakat Indonesia dan mudah ditemukan. Tahu dibuat dengan memadatkan susu kedelai dengan cara yang sama seperti keju.

Nilai gizi tahu

Tahu kaya akan protein dan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, tahu juga mengandung lemak, karbohidrat, serta berbagai jenis mineral dan vitamin.

Di bawah ini adalah rincian nilai gizi per 81 gram tahu.

  • kalori 117
  • 7 gram lemak
  • Natrium 11mg
  • Karbohidrat 2.2g
  • 14 gram protein
  • 1,9 gram serat makanan

Label nutrisi tahu

Fakta pertama tentang nilai gizi tahu adalah kandungan lemaknya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tahu memiliki kandungan lemak 81 gram atau setara dengan 7 gram lemak. Namun, sebagian besar lemak dalam tahu ini adalah lemak tak jenuh ganda, yang dapat menyehatkan jantung.

protein

Fakta selanjutnya tentang nilai gizi tahu adalah sebagai makanan sumber protein yang sangat baik. Untuk setiap 81 gram tahu, Anda akan menemukan 14 gram protein lengkap, termasuk asam amino. Tak hanya itu, kandungan protein ini memungkinkan tahu menggantikan daging sebagai sumber protein.

vitamin dan mineral

Tahu juga merupakan sumber kalsium dan zat besi yang baik. 81 gram tahu mengandung setidaknya 553 mg kalsium. Kandungan zat besinya sekitar 2.5mg. Selain itu, tahu juga mengandung 237mg potasium. Baca juga:

Makan makanan berprotein tinggi baik untuk kesehatan Anda!

Manfaat tahu

mengurangi resiko penyakit jantung

Manfaat kesehatan pertama yang dibawa tahu untuk tubuh Anda adalah dapat mengurangi penyakit jantung. Satu studi menunjukkan bahwa asupan tinggi kacang-kacangan, termasuk kedelai, memiliki efek kecil pada penyakit jantung. Selain itu, isoflavon dalam kedelai mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya. . Selain itu, mengonsumsi hingga 50 gram protein kedelai setiap hari dapat meningkatkan lipid darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

mengurangi resiko diabetes

Manfaat lain dari tahu adalah dapat mengurangi risiko diabetes. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai dapat meningkatkan kontrol gula darah.Studi lain yang dilakukan pada wanita pascamenopause yang sehat menemukan bahwa 100 mg isoflavon setiap hari mengurangi kadar gula darah sebesar 15%,%, dan terbukti dapat menurunkan kadar insulin dengan 23%. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada penderita diabetes pascamenopause, mengonsumsi 30 gram protein kedelai menurunkan kadar insulin sebesar 8,1%, resistensi insulin sebesar 6,5%, kolesterol total sebesar 4,1%, dan kolesterol jahat sebesar 7,1%.

Mengurangi risiko kanker

Tahu juga dapat mengurangi risiko kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara, dan kanker sistem pencernaan.

Fakta Tahu

Kamu Wajib Tahu Sejarah Tahu Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Nama “tahu” merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu)

Read More »

Info Kemitraan

Info Kemitaan Kerjasama Peluang Usaha Cuan  Tahu Kres KWB Kami Tersedia Di Batu Malang  Kediri Blitar  Nganjuk  Madiun Probolinggo Lumajang  Gresik Surabaya Banyuwangi Kudus Cimahi Ponorogo

Read More »

Kunjungi Sosial Media Kami !

4 Replies to “Fakta Tahu”

  1. I was wondering if you ever thought of changing the
    structure of your site? Its very well written; I love what youve got to say.
    But maybe you could a little more in the way of content so
    people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having 1 or two
    pictures. Maybe you could space it out better?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *